Program studi D4 Rekayasa perancangan mekanik merupakan salah satu program studi pada sekolah vokasi Universitas Diponegoro. Program ini sekarang telah memiliki usia 51 tahun. Pendirian program studi ini bermula dari APTN ( Akademi Pendidikan Teknik Negri ) di tahun 1968 lalu berubah menjadi ATN ( Akademi Teknik Negri ) di tahun 1974, mulai tahun 1978 bergabung dengan Universitas Diponegoro Menjadi Pendidikan Ahli Teknik ( P A T ), kemudian berubah menjadi FNGT ( Fakultas Non Gelar Teknologi ) di tahun 1983 yang selanjutnya menjadi Program Studi Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik berdasarkan SK Nomor 363/Kemenristekdikti/Kep.1998. Kebijakan ini yang memaksa fakultas tersebut dihapus berubah jadi Program Diploma dibawah Fakultas Teknik. Pada perkembangan berikutnya mulai tahun 2016 seluruh program diploma dilingkungan Universitas Diponegoro disatukan dalam wadah Sekolah Vokasi berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 52 Tahun 2015, untuk menjawab peraturan pemerintah tersebut maka rektor undip mengeluarkan surat keputusan Nomor : 1250/UN7.P/HK/2016 tentang pendirian sekolah vokasi Undip.

Dalam perjalanannya demi terlahirnya sumber daya manusia yang berkompetensi sesuai dengan kebutuhan jaman maka pemerintah mendorong proses pembukaandan peningkatan taraf dari pendikan vokasi, dan diharapkan sesuai dan selaras dengan kebutuhan industri/pengguna. Pada tanggal 5 april 2017, rektor Universitas Diponegoro secara resmi mengeluarkan surat nomor 179/UN7.P/HK/2017 tentang pendirian D4 rekayasa perancangan mekanik, menggantikan surat keputusan nomor 363/Kemenristekdikti/Kep.1998. Hal ini secara tidak langsung menjadi penanda untuk ditutupnya  program studi D3 Teknik mesin dan dirubahnya menjadi program studi baru yaitu Rekayasa Perancangan Mekanik.

Perubahan yang dilakukan ini tentu bukan tanpa sebab, namun didasarkan pada kebutuhan dan keinginan para stakeholder/dunia industri (Loka Karya Evaluasi Program Studi dan Perintisan Kerja Sama Dengan Industri pada tanggal 31 Agustus 2016) untuk menambahkan mata kuliah seperti Aplikasi Komputer Solidworks, Fluent, Getaran Mesin, dan sebagainya dimana ilmu tersebut adalah ilmu terapan yang diberikan pada mahasiswa setingkat S1 atau D4. Sesuai dengan harapan yang didambakan bertahun-tahun, Sekolah Vokasi Undip secara resmi dinyatakan berdiri sejak 1 September 2016. Untuk mewadahi alumni D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, sesuai dengan program pemerintah yang memperkuat pendidikan vokasi dan sesuai cita-cita, maka dengan ini didirikan Program Studi D4 Rekayasa Perancangan Mekanik Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Pengembangan ilmu dan bidang kajian untuk 10 tahun mendatang didasarkan pada perkembangan teknologi industri yang ada sehingga pendidikan di Program Studi D4 Rekayasa Perancangan Mekanik Universitas Diponegoro selalu up to date mengikuti kemajuan teknologi.