Prodi RPM semakin mengukuhkan diri untuk menjadi program Studi Sarjana Terapan yang Unggul dan berkelas Internasional melalui penyelenggaraan pendidikan terapan yang mengedepankan etika ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang rekayasa perancangan mekanik pada tahun 2025. Keseriusan ini tercermin dari dilibatkannya beberapa tenaga dosen dalam pembuatan SKEMA Kompetensi yang diadakan oleh LSP-P1 Sekolah Undip bekerja sama dengan BNSP. Acara pada hari kamis, tanggal 7 September 2023 tersebut juga dihadiri oleh bapak mulyono selaku perwakilan dari BNSP dan Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si selaku Dekan Sekolah Vokasi undip.

Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si dalam kesempatan tersebut mengutarakan bahwa  setiap program studi yang ada pada Sekolah Vokasi Undip harus mampu menjamin lulusan melalui Prototype dan project based learning. Dalam kesempatan yang sama, Dekan sekolah voksai undip ini juga menambahkan bahwa sertifikasi merupakan bagian dari jaminan mutu bahwa mahasiswa RPM siap bekerja di dunia industri. “Sertifikasi adalah bagian dari jaminan mutu bahwa mahasiswa RPM siap bekerja di dunia industri” budiono dalam keterangannya pada, kamis 7 september 2023

Untuk mewujudkan langkah baik ini, dalam kesempatan ini Prodi Rekayasa Perancangan Mekanik Sekolah Vokasi UNDIP berkomitmen untuk melahirkan 4 buah skema kompetensi secara bersamaan. Pemilihan Skema kompetensi ini dipilih dengan mengacu pada kebutuhan dunia industri dan konsentrasi yang ada pada prodi RPM SV undip. Adapun kempat skema kompetensi yang sedang digodog tersebut diantaranya adalah: Engineering Desain Mesin; Pembuatan Model 3D dengan Sistem CAD;  Mechanical maintenance junior engineer; dan Auditor Energi.

Sebagai informasi bahwa RPM Mekanik Sekolah Vokasi Undip merupakan program studi yang memiliki komitmen kuat untuk menjadi program Studi Sarjana Terapan yang Unggul dan berkelas Internasional melalui penyelenggaraan pendidikan terapan yang mengedepankan etika ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang rekayasa perancangan mekanik pada tahun 2025. Prodi ini terbagi menjadi 3 konsentrasi, yaitu: solid Mekanik; Termal Fluid dan Perawatan. Terselenggaranya 4 Skema yang diajukan oleh prodi RPM tentu nantinya semakin mengukuhkan posisi prodi RPM sebagai Prodi Vokasi yang mampu menjawab tantangan jaman.